Sabtu, 13 Februari 2021

PBL pada Materi Tekanan Hidrostatik

Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning=PjBL) adalah metode pembelajaran yang menggunakan proyek/kegiatan sebagai media. Peserta didik melakukan eksplorasi, penilaian, interpretasi, sintesis, dan informasi untuk menghasilkan berbagai bentuk hasil belajar. Project based learning atau pembelajaran berbasis proyek merupakan model pembelajaran yang berpusat pada siswa untuk melakukan suatu investigasi yang mendalam terhadap suatu topik. Siswa secara konstruktif melakukan pendalaman pembelajaran dengan pendekatan berbasis riset terhadap permasalahan dan pertanyaan yang berbobot, nyata, dan relevan.

Pada KD 7.1. Tekanan Zat dan Penerapannya dalam Kehidupan Sehari-hari mata pelajaran IPA Kelas VIII semester genap kita bisa memberikan pembelajaran dengan metode PBL meski secara daring. KD  7.1. Tekanan Zat dan Penerapannya dalam Kehidupan Sehari-hari dibagi menjadi sub bab :


1. tekanan pada zat padat
2. tekanan pada zat cair/hidrostatis
3. tekanan pada zat gas
4. tekanan pada tumbuhan
5. tekanan darah pada manusia.

Pembelajaran materi tekanan zat cair atau hidrostatis kita berikan secara daring melalui aplikasi Google Classroom. Di bagian 'tugas kelas' kita kirim materi pembelajaran dan videonya, siswa diminta untuk membaca petunjuk apa yang kita sampaikan, membaca materi pembelajaran, mengamati videonya, dan mengerjakan latihan soal dalam Google Form yang terintegrasi dalam Google Classroom.  Langkah berikutnya  mencatat poin-poin penting sebagai rangkuman. Tidak ketinggalan siswa diminta juga membaca materi di buku pegangan siswa.

Rangkuman yang telah dicatat dan difoto lalu diupload di tugas kelas lewat Google Document dan akan tersimpan dalam Drive kelas tersebut. Dengan demikian siswa sudah membaca, mengerjakan tugas dan mengirim tugasnya serta mengerjakan latihan soal.

Membuat alat peraga sederhana untuk mempraktekan dan menyelidiki tekanan zat cair pada kedalaman tertentu  bisa ditugaskan dalam bentuk project, dimana siswa merancang sendiri mulai dari alat, bahan, dan videonya. Video berisi penjelasan praktek yang dilakukan siswa dari alat peraga yang telah dibuat sendiri. Di sini siswa digiring untuk kreatif, mencermati permasalahan yang ada, mengeksplor dan memecahkan masalah, menjawab pertanyaan dan membuat laporan sebagai hasil atau bukti penyelesaian tugas. Namun demikian siswa diberi kesempatan untuk bertanya tentang projek yang ditugaskan melalui kolom chat di tugas kelas atau boleh lewat WA grup siswa.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mampukah Aku Menghadapinya

 Mampukah Aku Menghadapinya Siang itu aku begitu malas untuk mengajar. Hari-hari rasanya begitu aneh. Begitu meresahkan. Menyebalkan. Membua...