Sabtu, 01 Agustus 2020

Aplikasi Writer Plus, Plus Mudah dan Cepat

    Awal tahun pelajaran baru tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Meski pembelajaran dilakukan dengan daring, namun para guru tetap dituntut untuk bisa memberi pelayanan maksimal dalam penyampaian materi kepada siswa. Terlebih bila ada keluhan dan permasalahan dalam KBM daring ini, guru harus bisa memberi solusi supaya pembelajaran tetap berlangsung tanpa memberatkan kemampuan orang tua dan siswa.
  Salah satu cara agar pelaksanaan pembelajaran daring sukses adalah menggunakan vidcon (video conference) melalui aplikasi Zoom, Google Meet, Webex dan sejenisnya. Tentunya penggunaan ini memang memerlukan kuota internet yang cukup besar dan ini berkaitan dengan kemampuan finansial orang tua. Bila ingin biaya yang lebih murah bisa menggunakan Whatsapp dengan media rekam yang bisa diterjemahkan dalam tulisan.
   Kuliah malam ini menghadirkan narasumber handal yang akan mengupas bagaimana merubah suara menjadi tulisan, dan ini tentu sangat membantu di dalam memberikan materi tanpa harus mencatat. Pematerinya adalah Ibu Sri Melni seorang guru TIK SMPN 1 Gunung Talang, Kabupaten Solok Sumbar. Selain aktif menjadi guru juga aktif di organisasi Bundo Kanduang dan Tim 11 RPJM Nagari. Materi yang dibawakannya tentang menulis menggunakan aplikasi writer plus dan dibantu oleh moderator Ibu Kanjeng. Simak resumenya ya.
    Untuk menulis cepat atau mengubah suara menjadi tulisan, kita bisa menggunakan Write Plus. Aplikasi ini dapt kita download melalui Playstore. Setelah instal aplikasinya, kita buka maka akan muncul tulisan " Welcome to writer plus"  lalu kita klik tanda "+" (warna hijau) untuk membuka mikrofon pada keyboard dan mulai mencoba mengatakan sesuatu yang nantinya akan tertulis di layar handphone kita. Tekan tanda mikrofon, katakan sesuatu dan langsung menulis tanpa mengetik. 
      Aplikasi ini sangat mudah dan sangat membantu manakala kita mau menulis di perjalanan atau saat tidak ada laptop. Artinya, menulis sambil tersenyum dan semudah berbicara. Dengan demikian kapanpun ide datang, kita tak usah menundanya, langsung kita tuangkan dalam suara, maka akan tertulis dengan sendirinya di handphone kita.
      Bagaimana caranya untuk menjadikannya ke dalam mik word? Caranya, klik garis tiga sudut kanan atas lalu share. Sebelum share jangan lupa terlebih dahulu rubah ke dalam format text. Bila sudah dalam bentuk format text  bisa lansung copykan dalam bentuk mik word di laptop untuk mengedit tulisan.
   Untuk mencari gambar mikrofon pada handphone letaknya berbeda-beda, biasanya pada kanan bawah, pada spasi atau di dalam emoji. Setelah selesai berbicara lewat mikrofon, otomatis akan tersimpan data atau text. Bagaimana cara menyimpannya? Setelah share, buka WA web baru kita dowload dan simpan.
     Alhamdulillah..materi malam ini dengan menggunakan aplikasi writer plus sangat sangat membantu dan memudahkan kita dalam menulis. tidak perlu menyentuh keyboard, langsung berbicara dan semua sudah tertulis, tinggal kita mengeditnya. Terima kasih Bu Sri Melni, semoga ilmu baru ini segera dapat saya gunakan dan saya bagikan ke teman-teman. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mampukah Aku Menghadapinya

 Mampukah Aku Menghadapinya Siang itu aku begitu malas untuk mengajar. Hari-hari rasanya begitu aneh. Begitu meresahkan. Menyebalkan. Membua...