Kamis, 14 Mei 2020

Dampak dari pandemi covid-19 ini luar biasa..

Dampak dari pandemi covid-19 ini luar biasa..


Bagaimana tidak, hampir seluruh aspek kehidupan sosial di masyarakat berubah. Mulai dari bidang sosial ekonomi, bidang kesehatan, bahkan dunia pendidikan formal maupun nonformal. Dan akibatnya juga dirasakan mulai dari kalangan bawah sampai menengah ke atas. 
Saya sebagai guru juga merasakan dampak dengan adanya kebijakan WHF (Work From Home) dan Social Distancing ini. Keseharian yang berinteraksi dengan siswa, bertegur sapa, bercanda saat pembelajaran, kini tidak bisa dilakukan lagi. Meski pembelajaran bisa dilakukan jarak jauh (PJJ) atau daring dengan berbagai teknologi digital, namun kehadiran seorang guru dan siswa di dalam kelas saat pembelajaran akan mudah dimengerti dan lebih dipahami oleh siswa. Dan secara psikologis sikap emosional, style dalam mengajar seorang guru serta apresiasi guru dapat menigkatkan motivasi belajar siswa. Hal inilah yang memberi nilai lebih pembelajaran di kelas. Selain itu kehadiran 
kelompok  atau teman sebaya ikut berperan dalam ketercapaian pembelajaran.
Di sisi lain saya sebagai guru mau tidak mau terus belajar dan belajar, mencari metode dan aplikasi yang menarik yang bisa saya gunakan untuk PJJ  atau daring ini agar materi yang saya sampaikan mudah dipahami dan tidak membosankan siswa.
Mari, bapak ibu guru hebat, jangan putus asa! Kita belajar dan harus mau berubah untuk kemajuan pendidikan negeri ini. Semangat ! Dan jangan lupa berbagi pengalaman dengan sesama pendidik lainnya.

1 komentar:

Latif mengatakan...

Artikel yang menarik. Ditunggu karya berikutnya Bu Noor.

Posting Komentar

Mampukah Aku Menghadapinya

 Mampukah Aku Menghadapinya Siang itu aku begitu malas untuk mengajar. Hari-hari rasanya begitu aneh. Begitu meresahkan. Menyebalkan. Membua...